Monday, August 19, 2019

ILMU KIMIA DAN PERANANNYA

PENGERTIAN ILMU KIMIA
Ilmu kimia adalah bagian dari ilmu pengetahuan alam (sains) yang mempelajari tentang sifat, sturktur, komposisi, perubahan serta energi yang menyertai perubahan materi.
Ilmu kimia seringkali dikatakan sebagai central sains dikarenakan pada disiplin ilmu apapun selalu berkaitan dengan kimia. 
Berikut ini, simaklah video tentang ilmu kimia dan perhatikan pada akhir terdapat soal yang harus Anda kerjakan!

PERANAN ILMU KIMIA 
Berikut adalah peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang.
1) Peranan Kimia di bidang Kesehatan
    Bahan-bahan kimia sering digunakan sebagai obat-obatan. Obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat secara medis terhadap suatu penyakit. Hal ini dipelajari dalam cabang ilmu Kimia Farmasi. Contohnya, etanol atau alkohol digunakan dalam proses pelarutan obat dan sebagai pensteril alat-alat kedoteran.
2) Peranan Kimia di bidang Pertanian
    Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan dari ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan-bahan kimia, kemudian sekarang ini juga telah berkembang banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga merupakan hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.
3) Peranan Kimia di bidang Geologi
Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam
4) Peranan Kimia di bidang Hukum
    Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
5) Peranan Kimia di bidang Pertenakan
    Ilmu kimia pada bidang pertenakan sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen-eksperimen kimia di dalam pembuatannya, dan juga pada proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa2 kimia seperti gas methana, ammonia dan gas organik lainnya.
6) Peranan Kimia di bidang Biologi
    Peranan kimia di bidang biologi tak bisa dilepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk contoh dari adanya peranan kimia di dalam ilmu biologi. Ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak, karbohidrat dalam tubuh, dll
7) Peranan Kimia di bidang Industri
    Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia
8) Peranan Kimia di bidang Arsitektur
    Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan2-baham baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen.
9) Peranan Kimia di bidang permesinan
    Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.
10) Peranan Kimia di bidang teknik sipil
      Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.
11) Peranan kimia di bidang Dunia seni
      Industri kimia menghasilkan cat untuk memperindah suatu bahan atau bangunan. Bahan kimia yang ada dalam cat tembok antara lain kalsium karbonat, titanium dioksidapolivinil akrilik, kaolin pigmen, dan air.
12) Peranan kimia di bidang Ilmu Forensik
      Para ilmuwan forensic menggunakan bahan kimia untuk memecahkan masalah-masalah criminal. Bahan kimia yang digunakan antara lain sianoakrilat, perak klorida, dan ninhidrin.
13) Peranan kimia di bidang Fisika
      Digunakan untuk membantu penemuan material-material baru dalam bidang listrik (semikonduktor), magnet.
14) Peranan kimia Di Bidang Komputasi
     Seperti telah kita ketahui di awal bahwa salah sau komponen perangkat keras (hardware) computer adalah Microchip terbuat dari silicon yang tentu saja di perlukan ilmu kimia untuk membuatnya. Selain itu bagian paling luar computer adalah plastic yang juga hasil industri kimia.
15) Peranan kimia Di Bidang Fotografi
     Penemuan foto berwarna juga tidak terlepas dari peranan kimia dalam membuat zat warna yang peka terhadap cahaya.
16) Peranan kimia Di Bidang Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
     Terciptanya PLTN, yaitu suatu sumber energi baru berdaya guna sangat besar yang pada prinsipnya menggunakan teori pemecahan maupun penggabungan atom. Sering disebut reaksi fisi maupun reaksi fusi.




LEMBAR KERJA SISWA
Petunjuk:
1.      Pelajari video yang ada di dalam materi yang telah disiapkan. Di dalam video ada tugas
2.      Tugas dikerjakan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa untuk tiap kelompok.
3.      Tugas dikerjakan selama proses pembelajaran berlangsung
4.      Anda bersama kelompok dapat mencari bahan-bahan kimia yang Anda di sekitar Anda dan biasa digunakan di berbagai bidang kehidupan.
5.      Silahkan Anda cari informasinya, di internet.
6.      Jawaban soal dikumpulkan pada hari mata pelajaran yang sama di link berikut dalam bentuk format foto
Soal.
1.        Jelaskan pengertian ilmu kimia!
2.        Jelaskan, minimal 3 cabang-cabang ilmu kimia beserta peranannya
3.     Tuliskanlah zat-zat yang terdapat dalam pupuk, pestisida, makanan dan minuman kemasan, sabun, beserta efek samping yang ditimbulkannya, Kemudian isilah ke dalam Tabel dengan format berikut.
No.
Nama Produk
Zat yang terkandung di dalamnya
Manfaat
Efek Samping
1.
Pupuk urea



2.
Minuman bersoda



3.
Pestisida



4.
Mie Instans dengan berbagai merk



5.
Sabun mandi




catatan:
·      Untuk mie instan silahkan pilih 1 jenis mie instans, Anda catat bahan yang terkandung di dalamnya sesuai dengan yang tertera dalam label kemasan mie instans
·      Sabun mandi, boleh dengan sabun cair boleh sabun batang, bebas dengan merk apa saja

TUGAS DIKIRIMKAN KE LINK GOOGLE FORM BERIKUT
https://forms.gle/tLgbXU5e5HRndCQY6

0 comments:

Post a Comment