Wednesday, August 28, 2019

METODE ILMIAH DAN CABANG-CABANG ILMU KIMIA

Dalam mempelajari kimia  tidak hanya bertujuan untuk menemukan zat-zat kimia baru yang langsung dapat dimanfaatkan, melainkan dapat pula memuaskan keingintahuan seseorang untuk memahami fenomena alam dan peristiwa keseharian yang dialaminya. 



PENGERTIAN METODE ILMIAH
   Ilmu kimia menjawab banyak permasalahan berlandaskan eksperimen dan penalaran akal sehat. Eksperimen yang dilakukan harus sistematis dan logis. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode standar dalam pelaksanaannya, maka digunakanlah metode ilmiah. Metode ilmiah adalah metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang muncul dalam pemikiran kita. 


LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH

Langkah awal suatu penelitian adalah melakukan perencanaan. Perencanaan ini sangat penting untuk keberhasilan suatu eksperimen. Jika teman-teman gagal dalam perencanaan, berarti teman-teman merencanakan untuk gagal. Oleh karena itu, rancanglah suatu rencana penelitian secara runut dan mendetail. Langkah-langkah metode ilmiah apakah yang harus dilakukan dalam merencanakan suatu penelitian ilmiah? Langkah-langkah metode ilmiah yang harus Anda lakukan.

1. Merumuskan Masalah
  Penelitian dimulai dengan merumuskan masalah.  Dalam kajian ilmiah, masalah didefinisikan sebagai sesuatu yang harus diteliti untuk memperoleh jawaban atas suatu pertanyaan. Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan ilmiah yang bersifat terbuka yang memungkinkan adanya jawaban yang beragam. Rumusan pertanyaan ini perlu dicari jawabannya melalui eksperimen.
Setelah berhasil merumuskan, teman-teman bisa mengajukan jawaban sementara atas pertanyaan, yang bernama lain hipotesis. 
Hipotesis atau anggapan dasar adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya. Dugaan jawaban tersebut merupakan kebenaran yang sifatnya sementara, yang akan diuji kebenarannya dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian.

2. Menetapkan Variabel Penelitian
   Variabel percobaan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat/bergantung dan variabel tetap.


Berikut ini adalah video contoh tentang penentuan variabel penelitian



3. Menetapkan Prosedur Kerja
   Prosedur kerja merupakan langkah-langkah kerja yang terperinci dan runtut. Urutan langkah kerja ini dibuat ringkas namun dapat menggambarkan secara tepat pekerjaan yang harus dilakukan. Data tersebut akan memudahkan pelaksanaannya, langkah kerja sebaiknya dibuat dalam bentuk diagram alir.

4, Mengumpulkan data
    Setiap gejala yang terjadi dalam percobaan harus dicatat saat itu juga. Dengan begitu, teman-teman dapat memperoleh data yang lebih akurat. Selanjutnya, kalian perlu mengorganisasi untuk memudahkan dalam menganalisis dan mengumpulkan hasil percobaan. Oleh karena itu, teman-teman perlu menyiapkan tabel data pengamatan sebelum melakukan percobaan.

5. Mengolah dan Menganalisis Data
   Tabel dan grafik merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk menyusun dan menganalisis data. Tabel dan grafik ini menampilkan bagaimana variabel terikat berubah sebagai respon terhadap perubahan variabel bebas. Analisis data juga dapat dilakukan dengan menggunakan program komputer untuk pengolahan data.
   Hasil analisis data menghasilkan suatu pola atau kecenderungan. Pola ini dapat dijadikan landasan untuk menarik sebuah kesimpulan. Kesimpulan adalah suatu pernyataan yang merangkum apa yang sudah dilakukan dalam kegiatan penelitian. Dalam menyusun suatu kesimpulan, kalian harus memutuskan apakah data yang dikumpulkan mendukung hipotesis atau tidak. Selain itu, kalian juga harus mengulang suatu penelitian beberapa kali sebelum dapat menarik suatu kesimpulan.

6, Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
    Mengapa harus mengkomunikasikan penelitian? Sosialisasi hasil penelitian penting dilakukan agar hasil penelitian teman-teman diketahui pihak lain. Bagaimanakah cara mengomunikasikan suatu hasil penelitian? Suatu hasil penelitian dapat dikomunikasikan melalui dua cara, yaitu tertulis dan lisan.

Jadi, Secara umum langkah-langkah metode ilmiah dirangkum sbb.


CABANG-CABANG ILMU KIMIA
Meliputi :
1)  Kimia Analisis 
    Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari tentang analisis bahan-bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
2) Kimia Fisik 
 Adalah cabang dari ilmu kimia yangfokus kajiannya berupa penentuan energi yang menyertai  terjadinya reaksi kimia, sifat fisis zat serta perubahan senyawa kimia.
3)  Kimia Organik 
   Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari bahan-bahan kimia yang terdapat dalam makhluk hidup.
4)  Kimia Anorganik 
     Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari benda mati.
5) Kimia Lingkungan 
   Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari tentang segala sesuatu yang terjadi di lingkungan, terutama yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan dan cara penanggulangannya.
6) Kimia Inti (Radiokimia)
    Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari zat-zat radioaktif.
7) Biokimia
    Adalah cabang dari ilmu kimia yang cabang ilmu kimia yang sangat erat kaitannya dengan ilmu biologi.
8) Kimia Pangan 
   Adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari bagaimana cara meningkatkan mutu bahan pangan.
9)  Kimia Farmasi 
     Adalah cabang dari ilmu kimia yang fokus kajiannya berupa penelitian dan pengembangan bahan-bahan yang mengandung obat.

Tugas:
Dikerjakan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang peserta didik.
Soal:

1. Jelaskan pengertian tentang metode ilmiah!
2. Mengapa dalam melakukan suatu percobaan harus mengikuti langkah-langkah metode ilmiah?
3. Perhatikan data hasil percobaan berikut.
Larutan
Konsentrasi (molal)
Tf air (OC)
Tf larutan (OC)
∆T(OC)
Sukrosa
0,2
0
−0,372
0,372
MgBr2
0,2
0
−1,116
1,116
Tentukan: Variabel bebas dan Variabel Terikat!
Kumpulkan tugas Anda secara berkelompok dalam link ini :
https://forms.gle/TJGXXNL8CKa5qoxU6



0 comments:

Post a Comment