Saturday, March 28, 2020

Kekuatan Asam dan Basa

Kekuatan Asam Basa dan pH

Asam dan Basa adalah senyawa kimia yang juga memiliki kemampuan dalam menghantarkan listrik. Sebagaimana yang dibahas saat Anda Kelas X semester 2 tentang larutan elektrolit dan non elektrolit. larutan elektrolit yang dibedakan atas elektrolit kuat dan elektrolit lemah, maka larutan asam dan larutan basa yang merupakan larutan elektrolit juga dibedakan atas asam-basa kuat dan asam-basa lemah. Perbedaan kekuatan larutan asam-basa ini dipengaruhi oleh banyak sedikitnya ion-ion pembawa sifat asam dan ion-ion pembawa sifat basa yang dihasilkan saat terionisasi.

Kekuatan Asam

Kekuatan asam dipengaruhi oleh banyaknya ion-ion H+ yang dihasilkan oleh senyawa asam dalam larutannya. Berdasarkan banyak sedikitnya ion H+ yang dihasilkan, larutan asam dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.
Asam kuat
Mengalami ionisasi sempurna di dalam air
HA(aq) → H+(aq) A (aq) 

Asam Lemah
Mengalami ionisasi sebagian di dalam air seperti elektrolit lemah dan terdapat tetapan ionisasi kesetimbangan asam (Ka).
HA(aq)  H+(aq) A (aq)

Kekuatan Basa

Kekuatan basa dipengaruhi oleh banyaknya ion-ion OH yang dihasilkan oleh senyawa basa dalam larutannya. Berdasarkan banyak sedikitnya ion OH yang dihasilkan, larutan basa juga dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.

Basa kuat
Mengalami ionisasi sempurna di dalam air
M(OH)x(aq) → Mx+(aq) + xOH (aq) 

Basa lemah
Mengalami ionisasi sebagian di dalam air seperti elektrolit lemah dan terdapat tetapan ionisasi kesetimbangan basa (Kb).
M(OH)x(aq)   Mx+(aq) + xOH (aq) 
: justify;">

Derajat Keasamaan (pH)

Dari uraian tetapan kesetimbangan air dapat disimpulkan bahwa besarnya [H+] dalam suatu larutan merupakan salah satu ukuran untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan.
Untuk menyatakan tingkat atau derajat keasaman suatu larutan, pada tahun 1910, seorang ahli dari Denmark, Soren Lautiz Sorensen memperkenalkan suatu bilangan yang sederhana. Bilangan ini diperoleh dari hasil logaritma konsentrasi H+.

Penjelasan lebih lengkap ada dalam video berikut ini. Di dalam video ada beberapa penjelasan mengenai cara menentukan konsentrasi dan perhitungan pH. Ada tugas yang juga hrs anda kumpulkan.



0 comments:

Post a Comment